Minggu, 28 November 2010

PKN

A. HUKUM
Pengertian Hukum
Hukum adalah peraturan/tata tertib yang mempunyai sifat memaksa, mengikat, dan mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dengan tujuan menjamin keadilan dalam pergaulan hidup dalam bermasyarakat.
Dalam masyarakat ada beberapa norma yg harus ditaati yaitu :
  • a. norma agama ialah peraturan hidup yg diterima sebagai perintah, larangan, ajaran yg berasal dari Tuhan. cth : pasal 29 ayat 2
  • b. norma kesusilaan ialah peraturan hidup yg dianggap sebagai suara hati manusia (insan kamil). cth : suara hatimu memerintahkan agar berbuat baik terhadap sesama manusia.
  • c. norma kesopanan ialah peraturan hidup yg tumbuh dari pergaulan segolongan manusia. cth : orang muda harus menghormati orang yg lebih tua.
  • d. norma hukum ialah peraturan yg timbul dari hukum yg dibuat oleh penguasa negara yg mengikat setiap org dan terdapat paksaan. cth : pengendara sepeda motor wajib memiliki SIM dan memakai helm.

Ciri-ciri negara hukum :
  • a. asas legalitas artinya semua tindakan warga negara harus berdasarkan & dibatasi oleh hukum.
  • b. asas pengakuan & perlindungan terhadap hak2 warga negara artinya hukum melindungi manusia & menjamin hak2 warga negara.
  • c. asas peradilan yg bebas & tdk memihak artinya lembaga peradilan tdk terpengaruh oleh kekuasaan atau kekuatan apapun.

B. PERLUNYA IDEOLOGI BAGI SUATU BANGSA
Pengertian Ideologi
Ideologi adalah hasil pemikiran manusia & kemampuannya mengadakan hubungan terhadap kehidupannya. Artinya di dalam kenyataan di masyarakat terjadi hubungan saling berpengaruh dan timbal balik.
Ideologi menurut kamus politik adalah kumpulan gagasan atau prinsip atau nilai yg mengarahkan secara sah tingkah laku masyarakat & lembaga politik.

Ideologi memiliki beberapa fungsi yaitu :
1. struktur pengetahuan
2. orientasi dasar
3. noram-norma
4. bekal & jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya
5. kekuatan yg mampu mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan & mencapai tujuan
6. pendidikan bagi masyarakat untuk memahami & menghayati tingkah lakunya sesuai dgn norma-norma

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka 
Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah Pancasila sebagai cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, serta menjadi tujuan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia.
Berdasarkan Tap. MPR No. XVIII/MPR/1998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR tentang P4, ditegaskan bahwa Pancasila adalah dasar NKRI yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Pancasila sebagai Ideologi Terbuka bermakna dari ideologi terbuka sebagai suatu sistem pemikiran terbuka.

Ciri-ciri ideologi terbuka adalah :
a. merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat.
b. Berupa nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari dalam masyarakat sendiri.
c. Hasil musyawarah dan konsensus masyarakat.
d. Bersifat dinamis dan reformis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar